Breaking News

Tanya Dokter Kelamin Tentang Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Vagina


Tanya Dokter Kelamin Tentang Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Vagina - Kesehatan organ intim nyatanya menjadi bagian penting yang harus diperhatikan oleh siapa saja, termasuk diantaranya wanita, karena ini merupakan aset bagi Anda sekarang dan juga di masa depan. Apalagi ketika sudah memiliki pasangan, ini akan mempengaruhi hubungan atau kemesraan, jika seandainya Anda tidak menjaga kesehatannya tentunya beresiko untuk menularkan penyakit, juga membuat hubungan suami istri menjadi kurang baik. Jadi tanya dokter kelamin bagaimana cara untuk menjaga kesehatan organ intim tersebut.



Kondisi yang mungkin cukup banyak dialami oleh kaum hawa adalah keluarnya aroma atau bau yang tidak sedap pada vagina. Hal ini meskipun dikatakan sepele tentunya sangat menganggu mereka bukan, apalagi jika seandainya sudah memiliki pasangan atau suami, pastinya akan sangat mempengaruhi kenyamanan atau hasrat dalam berhubungan intim dengan pasangan bukan. 

Hanya saja memang kondisi semacam ini sering kali dialami oleh sebagian besar kaum hawa atau wanita di berbagai usia. Banyak sekali faktor yang memang menjadi penyebabnya. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini diantaranya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada vagina, yaitu:

  1. Jaga kebersihan vagina, senantiasa menjaga kebersihan organ intim ini sebenarnya adalah bagian yang sangatlah penting untuk dilakukan. karena dengan jarang membersihkannya hanya akan membuat aromanya tidak enak, apalagi jika seandainya Anda baru saja melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang cukup berat sehingga menyebabkan keringat keluar berlebihan. Hanya saja dalam membersihkannya juga tidak boleh sembarangan. Apalagi banyak wanita yang salah di dalam membersihkan vagina mereka, sehingga justru bakteri yang ada pada anus ikut masuk ke vagina, lakukan dari depan ke belakang. Sebaiknya juga hindari memakai sabun pewangi atau pembersih kewanitaan, karena hal ini hanya akan mengganggu kadar keasaman atau pH area tersebut. Bahkan mungkin bisa memicu aroma yang lebih tidak sedap lagi.
  2. Rutin dalam mengganti celana dalam, hal yang juga sering kali dilupakan oleh kaum hawa adalah mengganti celana dalam, padahal sebenarnya ini penting dilakukan, apalagi ketika kondisi CD tersebut lembab. Gantilah setidaknya 2 kali sehari, karena kondisi CD yang kotor dan juga lembab juga bisa memicu vagina Anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap, jadi harus rutin diganti.
  3. Rutin mengganti pembalut ketika sedang menstruasi, tak hanya mengganti celana dalam, melainkan mengganti pembalut juga penting dilakukan, apalagi pada saat haid. Setidaknya gantilah antara 3 sampai 4 jam sekali, bahkan mungkin lebih jika seandainya darah haid keluar cukup banyak, ini berguna untuk mencegah iritasi dan juga keluarnya aroma yang tidak sedap dari vagina Anda. Karena kain pembalut ini akan terus menyerap darah dan cairan sehingga menyebabkan area kewanitaan juga lembab.
  4. Konsumsi probiotik, probiotik ini sebenarnya adalah bakteri baik yang berfungsi dalam memelihara kesehatan sistem imuns dan juga sistem pencernaan. Juga dapat menjaga keseimbangan pH yang ada pada vagina Anda. Makanan yang kaya akan kandungan prebiotik ini diantaranya adalah yogurt, tempe, kefir dan makanan hasil fermentasi yang lainnya.
Jika ada keluhan lain yang menyertai selain aroma yang kurang sedap tersebut, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk segera melakukan konsultasi dengan tanya dokter kelamin agar nantinya mengetahui faktor penyebab dan cara mengobatinya. Lebih mudah dengan mengandalkan aplikasi tanya dokter lewat Halodoc.

No comments