Breaking News

Makanan yang Lezat dan Kaya akan Vitamin D

Makanan yang Lezat dan Kaya akan Vitamin D - Sekitar 75% orang di muka bumi ini tidak dapat mentoleransi laktosa, kemudian 2-3% lainnya mengalami alergi terhadap susu.

Hal ini menyebabkan beberapa neegara menambahkan vitamin D, kalsium dan nutrisi lainnya ke dalam jus jeruk. Satu cangkir 237ml jus jeruk olahan , dapat menyumbang asupan vitamin D sebanyak 100 IU yang mampu memenuhi 12% kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Susu Sapi



Susu sapi menjadi susu yang mendominasi kehidupan, karena susu sapi murni saja sudah kaya akan nutrisi, riboflavin, kalsium, dan fosfor. Di banyak negara, susu sapi murni ditambahkan vitamin D ketika masuk ke pengolahan untuk melengkapi nutrisi. Susu sapi olahan dalam satu cangkir 237ml mengandung 115-130 IU, sehingga mampu memenuhi 15-22% kebutuhan vitamin D harian.

Olahan Jamur

Jika kurang suka ikan, atau sudah memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian kita bisa memilih jamur untuk bahan olahan makanan sehari-hari. Karena jamur mampu mensintesis vitamin D saat terpapar sinar UV, namun jamur hanya bisa menghasilkan vitamin D2 saja yang memang bisa meningkatkan kadar vitamin D dalam darah namun tidak bisa seefektif vitamin D3 yang biasa didapat dari protein hewani. Untuk jenis jamur, ternyata jamur liar merupakan sumber vitamin D2 yang sangat baik.

Kuning Telur

Selain makanan yang berasal dari laut, vitamin D bisa didapatkan dari kuning telur ayam yang sangat mudah dijumpai dimana-mana dengan harga yang lebih terjangkau. Putih telur kaya protein, dan kuning kaya vitamin D, lemak, vitamin lainnya, dan mineral. Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi satu kuning telur mampu menambah asupan sebanyak 37 IU vitamin D alias 5% kebutuhan harian.

Ikan Tuna

Ikan laut satu ini merupakan ikan yang sangat sering dicari karena rasanya yang khas, tuna kalengan ternyata menjadi favorit pecinta tuna karena praktis dibawa kemana-mana dan mudah untuk penyimpanannya. Tak hanya praktis, harga tuna kalengan akan jauh lebih murah ketimbang ikan tuna segar.

 Ikan tuna dalam kalengan walau tidak segar, makanan ini tetap mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh karena berisi sampai 268 IU vitamin D atau sebesar 34 persen dari kebutuhan vitamin D harian. Ikan tuna kalengan juga menjadi sumber niasin dan vitamin K, namun ikan tuna juga memiliki merkuri yang bisa menjadi racun bagi tubuh.

Minyak Hati Ikan Kod

Merupakan suplemen makanan yang termasuk cukup terkenal, cocok untuk yang tidak suka makan ikan dapat mengkonsumsi suplemen ini untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak ada di sumber makanan lain.

Yang sudah jelas minyak hati ikan kod mengandung vitamin D sebesar 448 IU setiap satu sendok the atai 4,9ml yang artinya mampu memenuhi 56% kebutuhan vitamin D harian. Melihat jumlah vitamin D yang begitu besar ini, membuat suplemen ini cocok untuk mengobati kekurangan vitamin D khususnya untuk anak-anak.

Susu Kedelai

Vitamin D lebih sering ditemukan di dalam olahan hewani, lalu bagai mana dengan vegan atau vegetarian? Untuk mengatasi hal ini, susu nabati seperti susu kedelai dipilih untuk pengganti susu sapi dengan menambahkan nutrisi, vitamin, dan mineral agar sama dengan isi susu sapi. Satu cangkir 237ml susu kedelai olahan ternyata mampu mengandung 107-117 IU vitamin D alias mampu memenuhi 13-15% kebutuhan vitamin D.

 

No comments