Breaking News

Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Medan Jakarta Terikini

Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Medan Jakarta Terikini - Dari Medan ke Jakarta bukanlah jarak yang dekat. Jika naik mobil atau bus Anda harus menempuhnya selama beberapa hari melalui daerah yang cukup berbahaya. Sementara naik kereta? Tentu saja tidak ada jalur yang langsung menuju Sumatera dari Jawa dan sebaiknya. Itu artinya membeli tiket pesawat Medan Jakarta menjadi alternatif terbaik.

Dengan pesawat, Anda tidak perlu transit ke wilayah lain. Bayangkan jika naik bis! Bis akan menuju Merak terlebih dahulu untuk melakukan penyeberangan antar pulau. Dari sana bis akan menempuh jalan lintas Sumatera. Jalan yang biasanya ditemput dengan berkelompok.

Kapal laut dapat menjadi alternatif transportasi dari Medan Ke Jakarta. Namun, ini juga pasti sangat lama. Tidak banyak kapal laut yang berlayar. Tidak seperti penerbangan yang dalam sehari bisa dua tiga kali melayani beberapa rute yang sama.



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat Medan Jakarta

Hampir dua tahun lalu, harus diakui bahwa harga tiket pesawat domestik melambung tinggi. Ini mengakibatkan banyak orang kemudian memilih jalan memutar untuk mencapai tujuan.

Misalnya, dari Medan menuju Jakarta. Orang akan membeli tiket ke Malaysia atau Singapura terlebih dahulu, kemudian dari sana baru membeli tiket Jakarta. Tidak efektif, tetapi saat itu, tiket pesawat dari dan ke luar negeri jauh lebih murah.

Jadi, daripada membeli tiket pesawat Medan Jakarta secara langsung, cara di atas dapat menghemat dana lsekitar 50%. Luar biasa bukan. Sekarang tentu saja tidak demikian. Saat ini harga tiket pesawat sudah kembali norma. Namun, Anda harus tahu bahwa untuk satu tujuan harga tiket pesawat dapat berbeda-eda karena beberapa faktor.

Di bawah ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga tiket pesawat.

  1. 1.      Maskapai Penerbangan

Di Indonesia ada dua jenis maskapai penerbangan, milik pemerintah dan swasta. Maskapai penerbangan milik pemerintah yang mungkin paling Anda kenal adalah Garuda Indonesia Airways. Sebelumnya ada pula Merpati Airlines. Namun, perusahaan Merpati sudah berhenti beroperasional sejak tahun 2014.

Maskapai pemerintah dikenal sebagai perusahaan dengan harga tiket lebih tinggi dari lainnya, tetapi mempunyai fasilitas keamanan dan kenyamanan yang lebih baik. Selain milik pemerintah, ada maskapai lain yang melayani penerbangan domestik Indonesia, seperti Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan beberapa lainnya.

Maskapai penerbangan di atas merupakan perusahaan milik dan dikelola swasta. Harga tiket yang diberikan lebih murah. Anda harus hati-hati dalam memilih karena tidak semuanya memberikan pelayanan terbaik.

  1. 2.      Kelas

Di dalam satu pesawat umumnya ada tiga layanan yang diberikan dan menyebabkan harga tiket berbeda. Layanan tersebut dikenal dengan nama kelas ekonomi, eksekutif, dan VIP.

  1. 3.      Tempat Duduk

Selain kelas, tempat duduk mempengaruhi harga tiket. Tahukah Anda, tempat duduk yang berdekatan dengan baling-baling pesawat dan roda mempunyai harga tiket lebih murah? Ini dikarenakan tempat duduk mempunyai tingkat goncangan lebih dan suaranya juga lebih bising.

  1. 4.      Waktu Pembelian

Waktu pembelian tiket pesawat jauh sebelum hari H alias booking terlebih dahulu jauh lebih murah. Apalagi jika sedang diberlakukan harga promo.

Anda dapat memperoleh tiket dengan harga diskon sampai 50%. Hal ini menguntungkan bagi orang yang akan melakukan perjalanan bisnis, wisata, dan keluarga yang sudah terencana.

  1. 5.      Tempat dan Cara Pembelian

Terakhir, tempat dan cara pembelian juga mempengaruhi harga tiket. Saat ini harga tiket dijual secara online. Jaringan ritel, marketplace, dan travel biasanya menjadi tempat yang dituju orang untuk membelinya.  Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menentukan waktu dan tujuan pemberangkatan. Selanjutnya, tiket dibayar online.

Setiap tempat memberikan harga yang berbeda karena besar keuntungan yang diambil berbeda pula. Anda harus jeli memilih. Di marketplace seperti blibli.sering ada tambahan promo hari tertentu untuk pembelian tiket pesawat.

Itulah beberapa faktor yang mempengarui harga tiket pesawat Medan Jakarta saat ini! Selamat melakuan perjalanan!

 

No comments