Breaking News

7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik

7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik, - Jika anda ingin mengunjungi Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat, maka anda sanggup mampir ke sebuah Kecamatan yang kaya akan tempat wsiata ini yaitu di Ambarawa. Ambarawa merupakan kota dari sebuah museum kereta api, yang juga menunjukkan beberapa pilihan tempat wisata lainnya, yang tak kalah menarik. Ambarawa ketika ini merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jika anda melintasi jalur Magelang-Semarang maka anda akan melewati Kota Ambarawa ini. Meskipun hanya sebuah kecamatan kecil di Jawa Tengah, namun nama Ambarawa sendiri sangat familiar bagi warga Jawa Tengah. Hal itu alasannya yaitu Ambarawa merupakan kota yang sangat bersejarah. Dahulu Ambarawa pernah dijadikan sebagai Ibu kota Kabupaten Semarang yang ketika ini terletak di Ungaran. Pada Zaman Penjajahan Belanda Peran dari Kota Ambarawa juga sangat sentral kerena kota ini dijadikan sebagai jalur penghubung Kota Semarang, Yogyakarta dan Magelang yang ketika itu memakai Kereta Api. Oleh alasannya yaitu itu Ada banyak tempat bersejarah yang sanggup dieksplor di Kota Palagan ini.

7 Wisata Ambarawa Paling Menarik

Jika anda ingin tau apa saja 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik, maka kami akan menjabarkannya di bawah ini.

1. Museum Palagan 

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Salah satu tempat wisata Ambarawa yang populer yaitu museum Palagan. Museum ini merupakan salah satu pilihan untuk wisata sejarah favorit yang ada di Ambarawa. Pernah mendengar sebuah pertempuran yang disebut dengan Pertempuran Palagan Ambarawa ? Palagan Ambarawa merupakan pertempuran yang terjadi pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945. Pada waktu itu Indonesia dikuasai oleh Sekutu sehabis memenangi Perang Dunia II. Namun alasannya yaitu kegigihan pejuang Indonesia maka Tentara Sekutu yang semula menguasai Magelang sanggup didesak mundur ke Ambarawa. Di Ambarawa inni kemudian TKR dibawah komando Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Tentara Sekutu yang kemudian hari itu, tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infanteri. Di Museum Palagan ini disimpan aneka macam macam peninggalan jaman penjajahan Belanda dan juga Jepang.

2. Museum Kereta Api

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Pada masa Penjajahan Belanda, Ambarawa merupakan Kota Militer. Untuk menghubungkan Kota Kota di Jawa Tengah maka dibuatlah Jalur Kereta Api. kota Ambarawa mempunyai peranan yang penting alasannya yaitu merupakan persimpangan jalur Semarang, Solo dan juga Yogyakarta. Museum Kereta Api ini dulunya merupakan Stasiun Kereta Api yang alasannya yaitu tidak aktif lagi kemudian dialih fungsi menjadi museum. Di Museum Kereta Api ini pengunjung sanggup melihat bekas bangunan Stasiun Kereta Api peninggalan Belanda dan juga sanggup mencicipi sensasi menaiki kereta uap kuno. Letak museum Kereta Api Ambarawa ini yaitu di Jalan Stasiun No 1 Panjang, ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

3. Kampung Rawa 

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Kampung Rawa ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa dan juga termasuk salah satu destinasi wisata yang masih tergolong baru. Objek wisata kampung rawa ini yaitu komplek perumahan dari sejumlah Pondok Rumah Makan. Bila anda ingin tiba ke tempat ini, anda tidak perlu repot-repot mencarinya, alasannya yaitu tempat ini terletak di tepi jalan lingkar Ambarawa. Selain itu tempat ini juga mempunyai ciri khas yaitu bangunannya beratap Joglo serta lokasinya berada di daerah sawah dan rawa-rawa sehingga sangat gampang sekali untuk ditemukan. Hal yang menarik dari Kampung Rawa ini yaitu bangunannya yang terapung serta dibangun diatas semacam rakit yang terbuat dari drum plastik bekas. Jika anda tiba ke Kampung Rawa Ambarawa anda sanggup menyantap wisata kuliner yang enak dan juga akan disuguhi pemandangan hamparan perbukitan yang melingkupi daerah rawa.

4. Rawa Pening 

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Jika anda tiba ke Kampung Rawa anda sanggup melihat pemandangan indah Rawa Pening ini. Rawa Pening sangat erat kaitanya dengan kota Ambarawa tersebut, alasannya yaitu kota ini sendiri berasal dari kata Amba yang berarti luas dan juga Rawa. Makara arti dari kota Ambarawa ini yaitu daerah Rawa yang luas sehingga keberadaan Rawa Pening ini sendiri juga selalu dikaitkan dengan sejarah Ambarawa di masa lalu. Jika anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu aja, anda sanggup mengunjungi Rawa yang ada di Ambarawa ini. Agar anda lebih sanggup menikmati obyek wisata Rawa ini, anda sanggup menyewa bahtera untuk berkeliling, kemudian anda juga sanggup melihat tumbuhan eceng gondok yang tertata rapi membentuk suatu contoh yang cantik.

5. Eling Bening

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Eling Bening merupakan salah satu tempat wisata gres di Ambarawa yang ketika ini sedang ngehits. Wsata ini bergotong-royong merupakan sebuah resort yang menyediakan kemudahan berupa penginapan dan juga tempat makan di atas perbukitan. Namun belakangan banyak masyarakat yang ingin mencicipi sensasi makan bersama di atas perbukitan dengan melihat pemandangan alam berupa Rawa Pening dan juga persawahan. Fasilitas lain yang juga tersedia di Eling Bening yaitu kolam renang dengan air yang sejuk. Jika anda berminat sanggup pribadi saja mengunjungi alamat Eling Bening di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

6. Benteng Willem I

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Benteng ini mempunyai nama resmi Benteng Fort Willem I atau juga dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa. Jika anda melintasi jalur lingkar Mabarawa amka anda sanggup menyaksikand engan terperinci keberadaan Benteng ini. Benteng ini meruoakan salah satu tempat bersejarah di Kota AMbarawa. menyerupai kami jelaskan di awal artikel bahwa Ambarawa merupakan Kota yang strategis. Pada masa penjajahan Belanda Kota ini mempunyai fungsi yang sangat vital oleh alasannya yaitu itu penting bagi Belanda untuk membangunBenteng di mabarawa unguk mempertahankannya dari serangan musuh. Benteng ini berlokasi tak jauh dari museum Kereta Api dan dibangun mulai tahun 1834 hingga dengan 1845. Jika anda penyuka tempat-tempat bersejarah aka anda wajib berkunjung ke Benteng Willwm I di Ambarawa ini.

7. Kawasan Bandungan

 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik


Tidak hanya wisata sejarah yang ada di Kecamatan Ambarawa, Semarang Jawa Tengah namun wisata alamnya juga sangat memukau. Kecamatan Ambarawa mempunyai salah satu wilayah dengan nama Bandungan. Di Kawasan bandungan yang berhawa sejuk ini banyak menyimpan tempat wisata yang sangat memukau. Tempat wisata yang ada di Kawasan Bandungan diantaranya yaitu Pasar Bandungan, Candi Gedong Songo, New Bandungan Indah Water Park, Umbul Sidomukti, Susan Spa dll. Kami telah membahas wacana Wisata Bandungan di artikel berjudul 10 Obyek Wisata di Sekitar Kawasan bandungan. Anda sanggup membuka link artikel tersebut untuk lebih jelasnya.

Nah, untuk anda yang tertarik mengunjungi 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik ini, anda sanggup menyebabkan artikel ini rujukan ketika mau berliburan ke Kota Ambarawa. Sekian, supaya bermanfaat.
Baca Juga : Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Pilihan

No comments